Pecinta Burung Bisa Ternak Cucak Rowo dengan 3 Langkah Ini

Seorang wanita yang menjalani hidupnya di dunia tulis-menulis, baik fiksi maupun nonfiksi. Dia adalah penulis dua buku novel, ZA Writer’s ‘Change For Love’ dan Guepedia’s ‘Not Alone’. Memiliki ardour di bidang Editor dan Penulisan Konten. Memiliki pengalaman kerja sebagai penulis lepas di berbagai tempat layanan penulisan artikel selama 3 tahun.

Bagi anda yang menginginkan ternak cucak rowo, yuk jadikan artikel pertanian berikut ini sebagai panduan anda.

Burung rowo cucak merupakan salah satu jenis burung yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Meski harganya tergolong mahal, namun burung ini tetap memiliki banyak peminat.

Pasalnya, bentuk fisiknya cantik dengan suara merdu yang mampu menarik perhatian. Tidak sedikit orang yang membudidayakan burung ini dan memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Pasalnya, manfaat yang didapat dari penangkaran burung ini cukup tinggi. Siapapun bisa membudidayakannya, karena cara ternak cucak rowo untuk pemula tidak terlalu sulit.

3 Langkah Sapi untuk Cucak Rowo

Bagi pecinta hewan khususnya burung, Cucak Rowo sudah tidak asing lagi. Untuk melakukan ternak cucak rowo, Anda hanya perlu melakukan tiga langkah mudah, sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Mengolah Kacer Poci untuk Pemula

Memilih Induk Burung Cucak Rowo

Sebelum membudidayakannya, Anda perlu mempersiapkan dan memilih benih yang baik. Anda bisa membelinya di peternakan burung dan pasar hewan.

Agar lebih praktis, Anda bisa membeli burung yang telah dipasangkan antara indukan jantan dan betina.

Pilih induk burung yang berkualitas, yaitu sehat jasmani, tidak cacat, tidak terserang penyakit, bersuara merdu. Panjang tubuh induk burung harus 28 cm.

birdnya.com

Baca Juga: Cara Bertani Parkit untuk Pemula

Mempersiapkan Media Burung Cucak Rowo

Dibutuhkan media burung cucak rowo yang bagus untuk budidaya. Cara membuatnya cukup mudah, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang mudah ditemukan. Pembuatannya seperti sangkar burung biasa.

Bisa dibuat 2 kandang, pertama untuk cucak rowo induk dan kedua untuk cucak rowo yang masih muda. Alat dan bahan yang disediakan antara lain kayu, kawat, gergaji, triplek dan lain-lain.

Ukuran kandang induk yang dibuat minimal 2 x 1 x 2,5 m. Sedangkan ukuran kandang Cucak Rowo muda adalah 4 x 2 x 2,5 m.

Taruh di dahan pohon tempat burung bertengger, buat sarang menggunakan jerami dan tempatkan di wadah kecil, untuk menampung telur. Sertakan juga wadah makanan dan minuman di setiap sangkar burung cucak rowo.

Lokasi kandang harus di tempat yang memiliki penerangan yang baik dan sistem sanitasi yang baik, bersih dari sampah, jauh dari polusi kendaraan dan asap. Anda bisa menyimpannya di taman atau halaman belakang.

Setelah semuanya selesai, Anda bisa memasukkan burung ke dalam kandang dan melakukan perawatan. Untuk menghindari burung stres, tutupi sangkar dengan kain tembus cahaya.

Jika indukan cukup kuat menetas, Anda harus memindahkan anak Rowo cucok ke kandang lain.

cucak rowo
youtube.com

Merawat Cucak Rowo

Anda perlu merawat burung cucak rowo agar tetap sehat dan tumbuh maksimal. Perawatannya juga cukup mudah yaitu dengan memberikan pakan secara teratur serta menjaga kebersihan unggas dan kandangnya.

Pakan yang bisa Anda berikan adalah buah-buahan seperti pepaya dan pisang. Buah ini memiliki banyak nutrisi dan tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna. Pemberian buah secara rutin membuat suara cucak rowo merdu.

Makanan cucak rowo lainnya termasuk serangga, seperti cacing dan jangkrik. Cacing memberikan protein yang baik untuk tubuh cucak rowo agar tetap sehat.

Anda juga perlu menjaga kebersihan kandang burung dan burung agar burung cucak rowo tidak mudah terserang penyakit. Anda bisa menyemprotkan cucak rowo agar tetap bersih.


Itulah 3 langkah mudah ternak cucak rowo yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jangan lupa untuk BERBAGI artikel ini ke teman-teman Anda!

Baca Juga: Ingin Ternak Koloni Lovebird? Ikuti 5 Suggestions Ini

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Market di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-burung-cucak-rowo

Sumber gambar utama: dictio.id

Sumber : paktanidigital.com/