Pasar Kerbau Terbesar Di Dunia Ada Di Indonesia

Tahukah Anda bahwa pasar kerbau terbesar di dunia ada di Indonesia?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang melimpah. Sebaiknya sebagai armada bangsa kita mulai memiliki beberapa potensi daerah yang harus kita manfaatkan untuk negeri yang kita cintai ini.

Sektor pertanian termasuk sub sektor peternakan yang sangat unggul untuk pembangunan, mengingat kebutuhan daging terus meningkat setiap tahun, seiring dengan potensi daerah yang terus digandrungi dan dikampanyekan masyarakat.

Berbicara tentang ternak, sangat sedikit informasi yang mencakup ternak kerbau. Ternak ini tergolong ruminansia dan memiliki bobot tubuh yang besar sebagai penghasil daging. Sedangkan untuk masa kelahirannya yang cukup sulit untuk dipelajari, ternak ini tidak terlalu banyak tersebar di Indonesia, kecuali di beberapa daerah di Indonesia.

Namun selain itu, ternak kerbau patut dibanggakan. Pasalnya, Indonesia memiliki keunikan tersendiri sebagai a Pasar Kerbau Terbesar di Dunia yang bisa anda temukan langsung di daerah Sulawesi Selatan, lebih tepatnya di daerah Toraja.

Pada artikel pertanian kali ini, Pak Tani Digital akan mengulas pasar kerbau terbesar di dunia yang terletak di Toraja Utara.

Pasar Kerbau “PASA ‘TEDONG”

Bukan rahasia lagi jika Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara menjadi destinasi wisata asing karena keunikan budaya dan budayanya.

Pasar Kerbau Terbesar di Toraja
Foto: arsy.co.id

Namun selain itu kawasan ini juga memiliki pasar hewan khususnya pasar kerbau terbesar di dunia. Buffalo Market atau yang disebut Pasa ‘Tedong merupakan pasar hewan yang bisa anda temukan di Jalan Pasa ‘Tedong, Desa Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Pasar kerbau ini berada di belakang pasar pada umumnya yang letaknya berada di belakang tempat orang berjualan dagangannya. Awalnya, pasar kerbau berlangsung seminggu sekali. Namun dengan kebijakan Pemerintah Daerah, pasar kerbau buka seminggu dua kali, yaitu pada hari Selasa dan Sabtu.

Tuliskan hari itu! Jangan biarkan Anda datang dan kecewa karena Anda tidak mendapatkannya.

Baca juga: Syarat & Peluang Mendirikan Rumah Potong Hewan

Intersektoral

Pasar kerbau di Toraja Utara menjadikan prospek perdagangan sapi kerbau potensial untuk dikembangkan di kedua kabupaten tersebut, mengingat permintaan ternak kerbau yang cukup tinggi.

Lintas sektor bukan hal yang harus dihindari lagi, dalam hal ini lintas sektoral adalah perdagangan ternak kerbau yang telah diupayakan beberapa kabupaten bahkan provinsi untuk memenuhi kebutuhan kerbau di kabupaten ini.

Terhitung beberapa kabupaten yang biasa datang menjual kerbau di Pasar Tedong adalah Tana Toraja, Mamasa, Luwu Utara, bahkan ada yang mendatangkan kerbau jenis lain dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan, dan Sumatera.

Maka dari itu, tidak heran jika Anda akan menemukan berbagai jenis kerbau di Pasar Kerbau atau Pasa ‘Tedong.

Baca juga: Yuk, Kenali Potensi Kambing di Indonesia

Upacara Rambu Solo

Upacara Rambu Solo
Foto: Sinarharapan.net

Dedikasi yang tinggi masyarakat Toraja khususnya dalam melestarikan adat istiadat dan budayanya telah melahirkan Kabupaten ini sebagai salah satu Sentra Pariwisata andalan Indonesia di Sulawesi Selatan. Budaya khas ini pula yang menjadikan sapi kerbau sebagai salah satu syarat Upacara Rambu Solo ‘berlangsung dalam upacara kematian di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Kebudayaan ini pun memunculkan tuntutan akan adanya pasar yang khusus menyediakan kebutuhan kebudayaan Toraja sehingga terbentuklah Pasa ‘Tedong yang kita kenal sekarang. Dalam upacara ini sendiri, Anda akan menemukan berbagai macam ternak kerbau yang dikurbankan dan hampir semuanya didapat dari Pasar Kerbau.

Klik & Baca: Tren Meningkatnya Program Asuransi Pertanian, Tunjukkan Perhatian Positif dari Masyarakat

Penulis: Suryadi Pappa

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber : paktanidigital.com/