Memanfaatkan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Bagi peternak yang kesulitan mencari pakan untuk ternaknya, ternyata peternak bisa memanfaatkan daun kopi sebagai pakan ternak lho. Yuk, simak uraian berikut ini.

Dalam meningkatkan produktivitas tanaman kopi telah dilakukan berbagai upaya seperti peremajaan tanaman kopi dengan teknik okulasi yang menggunakan varietas unggul, pemupukan dengan kompos atau pupuk kimia, dan pemeliharaan tanaman kopi secara mudah.

Salah satu teknik perawatan kopi yang sering digunakan adalah pemangkasan, yang terdiri dari pemangkasan bentuk, pemangkasan perawatan, dan pemangkasan pohon peneduh. Yang biasa dilakukan adalah pemangkasan pemeliharaan yaitu dengan pemangkasan pucuk daun kopi (Wiwilan).

Tunas daun kopi yang sudah dipangkas hanya tersisa tepat di bawah pohon. Padahal, petani bisa memanfaatkan daun kopi ini sebagai pakan ternak. Hal ini tentunya akan sangat membantu para peternak yang kesulitan mencari rumput untuk memenuhi kebutuhan pakan ternaknya.

Pada tahun 2015, Balai Penelitian Hewan Bogor menguji kandungan nutrisi daun kopi segar dan silase di laboratorium. Hasilnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Menguji Nutrisi Daun Kopi Yang Dapat Digunakan Sebagai Pakan Ternak

Keterangan: PK: (Protein Kasar) SK (Serat Kasar) Lk (Lemak Kasar)

Setelah melihat hasil pengujian di atas, daun kopi memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan pakan ternak, jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi rumput gajah yang hanya berkisar 8-10%. Daun kopi segar memiliki kandungan yang hampir setara dengan kacang-kacangan seperti daun gamal yang memiliki kandungan protein 23%.

Baca juga: Ternyata kopi bisa dijadikan pewarna rambut alami

Cara memanfaatkan daun kopi sebagai pakan ternak

Sebelum daun kopi segar diberikan kepada ternak sebaiknya dilayu terlebih dahulu agar dapat mengurangi zat anti gizi yang mengandung kafein dan bau langgu yang dapat menyebabkan ternak tidak menyukai daun kopi.

Untuk silase, sebelum diberikan ke ternak sebaiknya daun kopi diangin-anginkan terlebih dahulu. Daun kopi segar harus dicincang terlebih dahulu menggunakan pisau atau mesin perajang.

Agar ternak terbiasa dengan daun kopi, sebaiknya ternak dipuasakan terlebih dahulu agar ternak dapat mengkonsumsi daun kopi saat lapar dan teratur hingga ternak terbiasa dengan daun kopi tersebut.


Begitulah cara memanfaatkan daun kopi sebagai pakan ternak. Apakah Anda teman-teman PTD tertarik untuk mencobanya?

Klik & Baca: Ingin Menerapkan Pakan Ternak Fermentasi? Ketahui 3 Tips Ini Terlebih Dahulu

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber : paktanidigital.com/