Ketahui jenis kalkun yang bisa dibesarkan

Berikut informasi dari Pak Tani DIgital mengenai jenis-jenis kalkun yang bisa dibudidayakan khusus di Indonesia.

Jenis Ayam Kalkun

Kalkun merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki tubuh yang besar. Ayam ini diyakini berasal dari Amerika, tempat pertama kali ditemukan. Ada 9 jenis yang bisa diternakkan di Indonesia yang harus Anda ketahui.

Kalkun sering dijadikan hewan peliharaan atau penangkaran, sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Ayam ini juga menghasilkan daging yang memiliki rasa yang enak.

pixabay.com

Baca juga: Jenis perawatan yang cocok untuk ayam kampung

Turki Golden Palm

Tipe telapak tangan emas memiliki warna yang beragam pada bulunya. Sedangkan untuk kombinasi warnanya yaitu hitam, coklat dipadukan dengan putih, dan ekornya putih, bagian atasnya bergaris hitam.

Ketik warna kepala telapak tangan emas berwarna kebiruan, dengan pial merah, dan putih dan abu-abu di bagian kaki. Jenis yang satu ini bisa Anda temukan di berbagai pasar lokal Indonesia.

Turki Perunggu

Turki perunggu merupakan salah satu jenis yang cukup terkenal di indonesia. Ciri khas ayam ini terlihat pada warna bulunya yang hitam kecoklatan dengan paduan putih. Kalkun jenis ini menghasilkan daging dengan rasa yang enak.

Turki Narragansett

Tipe narragansett Yang ini memiliki campuran kuning keemasan dan abu-abu tua. Buntut kalkun memiliki corak yang hampir menyerupai batik.

Turki Telapak tangan penciled

Tipe telapak tangan pensil memiliki kombinasi warna yang hampir sama dengan batik pada bulu ekor. Ada juga yang menyebut jenis harimau penciled karena terdapat kombinasi warnanya yang mirip dengan bulu harimau.

pixabay.com

Baca juga: Mengenal Inseminasi Buatan pada Ternak

Kalkun Bourbon Merah

Kalkun bourbon merah jenis ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Karena jarang ada orang yang memelihara ayam ini meski sudah cukup terkenal di kalangan peternak dan memiliki warna merah kecoklatan.

Turki White Holland atau Kalkun Putih

Tipe Holland putih sering disebut dengan nama kalkun putih, karena memiliki bulu berwarna putih di sekeliling tubuhnya. Di Indonesia trah ini cukup terkenal dan sering dibesarkan atau dibesarkan oleh para penghobi kalkun.

Kalkun Batu Tulis Biru

Kalkun batu tulis biru merupakan jenis yang relatif baru ada di Indonesia sekitar tahun 2016. Karena ayam ini baru masuk ke Indonesia, keberadaannya pun masih langka.

Kalkun Spanyol hitam

Kalkun hitam spanyol merupakan jenis kalkun yang paling mahal dibandingkan dengan kalkun lainnya. Karena harganya yang relatif mahal, ayam jenis ini sering dibudidayakan dengan menggunakan keindahannya sebagai ayam hias.

Self Buff Turki

Kalkun self-buff jenis ini memiliki kombinasi warna yaitu coklat muda dengan putih. Kalkun ini masih jarang dibudidayakan di Indonesia.


Itulah berbagai jenis kalkun yang bisa dibesarkan atau dibudidayakan di Indonesia. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat sobat PTD!

Baca juga: Ayam Serama, Ayam Yang Banyak Disukai Orang Indonesia

Sumber: Hobiternak.com

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber : paktanidigital.com/