Kenali perbedaan antara dedak padi dan dedak padi

Masih bingung membedakan dedak padi dan dedak padi? Yuk cari tahu di sini.

Bagi Anda peternak pemula mungkin sudah tidak asing lagi dengan formulasi pakan ternak untuk menekan biaya produksi. Pakan sendiri diberikan kepada ternak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak sehingga dapat menghasilkan produk ternak yang berkualitas.

Karbohidrat pada ternak sendiri sangat penting sebagai sumber energi dalam metabolisme ternak, sehingga peternak menggunakan jagung, dedak, dedak, dan sumber karbohidrat lainnya sebagai komponen karbohidrat utama.

Khusus bagi peternak pemula akan sulit membedakan dedak dan dedak. Bagi Anda yang baru belajar formulasi pakan, Anda bisa menjadikan referensi ini dalam mengenali perbedaan keduanya.

Cara mengenali perbedaan dedak padi dan dedak padi

Berikut cara mudah untuk membedakan keduanya:

Baca juga: Yuk, Mengenal Cara Membuat Kompos Takakura

Kandungan Gizi Dedak dan Dedak Padi

Tabel di bawah ini menunjukkan perbedaan nilai gizi antara keduanya:

Nutrisi / Bahan Dedak Beras Dedak
PK 8,5% 12,0%
SK 17,0% 5,2%
LK 4,2% 10,7%
Abu 12,6% 7,7%
BETN 43,7% 50,4%

(Hartadi dkk., 1980)

Komponen utama dalam dedak adalah 3 asam lemak utama yaitu palmitat, oleat, dan linoleat. Beberapa nutrisi dalam dedak lainnya adalah antioksidan (oryzanol dan vitamin E) dan kaya akan vitamin B, terutama vitamin B12. Sedangkan dedak padi mengandung hemiselulosa, selulosa, dan pati serta B-Glucan.

dedak
tokopedia.com

Tekstur

Perbedaan lain antara keduanya dapat ditentukan dari tekstur bahan masing-masing. Bekatul memiliki tekstur yang lebih kasar sedangkan bekatul memiliki tekstur yang lebih halus karena bekatul memiliki lapisan epidermis.

Saat direndam dalam air, umumnya dedak padi akan mengapung, sedangkan dedak padi akan tenggelam saat direndam dalam air. Hal ini dikarenakan kandungan serat kasar dedak padi lebih banyak dibandingkan dedak padi.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Pupuk Organik Cair Bokashi

Harga

Secara umum harga dedak lebih mahal dari pada harga dedak sehingga harga sering terjadi. Pedagang mengklaim dedak padi sebagai dedak untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi.

Bekatul juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga saat ini sudah banyak yang memanfaatkannya sebagai sumber makanan bergizi seperti bubur.

Kami sangat menyarankan agar Anda memantau sebelum membeli berapa harga normal yang ada di pasaran agar bisa membedakan antara bekatul dan bekatul.

Cobalah untuk membeli dari pedagang yang Anda percayai untuk hasil terbaik.

dedak padi
Bukalapak.com

Menguji pemalsuan dedak dan dedak padi

Pengujian dedak dan dedak padi asli dapat dilakukan dengan bantuan alat bernama Fluoroglucinol. Alat ini berguna untuk menguji kandungan sekam pada dedak padi (Li-Test) sehingga dapat diketahui kandungan serat kasarnya.

Sekam umumnya kurang dari 13% tetapi pada dedak padi bisa 15% sedangkan dedak padi hanya memiliki kandungan serat kasar sekitar 5 – 7%. Dengan memanfaatkan alat ini, kita dapat memahami kandungan serat kasar pada beberapa bahan pakan ternak.

Prinsip penggunaan alat uji fluoroglucinol adalah menggiling sekam dan kulit yang belum dikupas sampai halus. Dedak padi kualitas disaring sebesar 0,6 mm. siapkan dedak beras standar 5%; 10%, 15%, 20%, 25% sekam lalu timbang 1 gram.

Letakkan pada cawan petri lalu pipet 4 ml fluoroglucinol ke tiap cawan petri. Homogenisasi lalu diamkan selama 10 menit. Amati perubahannya.


Demikian ulasan mengenai perbedaan dedak padi dan dedak padi, semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk BERBAGI artikel ini ke teman-teman Anda!

Baca Juga: Manfaat Ubi Jalar dari Sampah hingga Bisnis

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber:

  • Anonim. 2017. 4 Perbedaan Antara Dedak Beras dan Dedak serta Cara Membedakannya. Diakses dari: https://sinauternak.com/perb Difference-dedak-padi-dan-bekatul /
  • Anonim. 2017. 4 Perbedaan antara Dedak Padi dan Dedak. Diakses dari: https://pakanternak.fapet.ugm.ac.id/2018/03/13/4-perb Perbedaan-dedak-padi-dan-bekatul /

Sumber : hewan.id