Kenali 6 Pasar Sasaran Peternak Sapi Cerdas

Dalam bisnis apa pun, hasil akhirnya adalah pasar di mana produsen (peternak) bertemu konsumen (komunitas). Caranya cukup sederhana namun prosesnya sangat rumit, mengingat bunga dalam mata uang memiliki berbagai kepentingan lain di dalamnya. Target pasar itu penting, termasuk bagi para peternak sapi.

Hal tersebut melahirkan peran profesi lain yang dikenal sebagai distributor (supplier) sehingga dari produsen hingga konsumen lebih mudah dalam pengerjaannya. Pekerjaan ini sangat mudah, sehingga peran distributor yang melahirkan semakin menjamur suplai chasayan (saluran distribusi) yang rumit dan berbelit-belit sebelum mencapai target utama atau pasar tujuan.

Hal ini pula yang menyebabkan sebagian besar peternak mengalami banyak kerugian karena usaha keras dalam pemeliharaannya tidak sebanding dengan nilai jualnya, begitu pula yang dialami oleh konsumen yang menganggap harga yang didapat dari peternak terlalu mahal.

Oleh karena itu, mulailah mengenal target pasar sebelum melakukan transaksi jual beli. Berikut beberapa target pasar bagi Anda yang berprofesi sebagai peternak sapi cerdas.

Pasar hewan

Pasar merupakan tempat yang paling tepat untuk berjualan, mengingat tempat ini merupakan tempat paling ramai bagi pembeli yang merupakan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Ini kesempatan bagi Anda para peternak sapi yang memiliki sapi peliharaan yang akan segera dijual. Di pasar hewan, biasanya menjual berbagai jenis hewan mulai dari hewan kecil hingga hewan besar. Selain itu biasanya hewan besar dikelompokkan menjadi hewan ternak yang biasanya dijual terpisah.

Ada berbagai pasar hewan yang bisa Anda temukan di Indonesia seperti Pasar Peternakan Payakumbuh, Palangki, Seri Kembangan, Batangari, Pasar Bolu, dan berbagai pasar ternak lainnya. Sebaiknya langsung jual ternak di pasaran untuk mendapatkan harga yang lebih memuaskan.

Rumah jagal

Syarat dan Kesempatan Mendirikan Rumah Potong Hewan

Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan salah satu usaha pemotongan hewan sebagai salah satu penyalur daging sapi baik ke pasar tradisional maupun swalayan dan pasar modern. Namun, biasanya pemasok ke pasar modern dikuasai oleh RPH dengan standarisasi tinggi.

Bagi Anda para peternak sapi yang ingin melakukan transaksi sapi, RPH bisa menjadi solusi lain agar Anda tidak perlu repot dalam hal mempromosikan bisnis sapi Anda.

Beberapa hal yang perlu anda ingat sebelum menjual dengan harga RPH adalah harga sapi anda pasti akan mengikuti perkembangan harga daging di pasaran dimana semakin tinggi harga pasaran untuk daging maka harga sapi anda semakin tinggi, begitu pula sebaliknya .

Namun rumah potong hewan merupakan solusi yang sangat bijak bagi Anda yang memiliki sapi yang mengalami kejadian seperti patah tulang, pingsan, dan penyakit serupa yang tidak berpengaruh pada tulang tetapi akan menyebabkan produktivitas dan kekenduran menurun, yang lambat laun akan berbahaya jika dipelihara. Meski harganya bisa sampai setengah dari nilai jual sebenarnya, setidaknya Anda tidak akan rugi total.

Baca juga: Syarat & Peluang Mendirikan Rumah Potong Hewan

Hewan kurban

Kebutuhan sapi akan meningkat seiring dengan permintaan sapi kurban, terutama menjelang Idul Adha.

Bisnis ini adalah salah satu yang paling menguntungkan dalam peternakan sapi, namun waktu yang dibutuhkan satu tahun penuh membuat peluang pasar tipis untuk dilihat sekilas. Untuk itu, Anda sebagai peternak sapi yang cerdas harus memanfaatkan momentum ini untuk meraup lebih banyak uang dibandingkan hari-hari penjualan sapi lainnya.

Perlu diingat bahwa dalam menjual sapi kurban, sapi anda harus bebas dari penyakit, sesuai umur, tidak cacat dan sudah ada ijazah dari pihak yang berwenang sehingga selain untung lebih besar juga bisa mendapatkan keuntungan bagi yang mau. pengorbanan.

Baca juga: Cara Memilih Hewan Kurban yang Tepat

Cara Memilih Hewan Kurban yang Tepat

Jual Bibit Sapi

Bisnis jual bibit sapi bisa menjadi pilihan lain bagi Anda para peternak sapi yang pintar. Anda yang memiliki lebih banyak peternak sapi bisa mengembangkan beternak sapi.

Prospek usaha ini masih sangat terbuka, mengingat sulitnya mendapatkan sapi bakalan saat ini dan lamanya masa bunting sapi, yaitu sekitar 9 bulan. Oleh karena itu jika anda serius menjalankan program ini, maka anda membutuhkan modal yang cukup besar dengan lebih banyak indukan.

Keuntungan yang bisa Anda peroleh dari menjadi peternak sapi adalah Anda bisa bekerja langsung dengan pemerintah karena peluang bisnis ini tidak terlalu banyak di mata masyarakat dan yang kedua adalah Anda bisa menentukan jenis sapi yang akan Anda beternak. tentunya hal ini juga akan berdampak pada harga jual.

Bisnis Penggemukan

Usaha penggemukan sapi merupakan salah satu usaha yang paling diminati dan disukai oleh para peternak baik tradisional maupun modern. Hal ini disebabkan karena prosesnya yang tidak memakan waktu lama namun mampu meraup untung lebih banyak.

Baru-baru ini telah dikembangkan program budidaya sapi yang bisa Anda capai dalam waktu sekitar 3 sampai 5 bulan dan langsung siap untuk dijual ke pasar. Pada prinsipnya beberapa peternak berusaha mencari benih yang unggul dan mendukung pertumbuhannya dengan pengelolaan ternak yang lebih baik seperti pakan komersial atau konsentrat dan hijauan berkualitas untuk mempercepat pertumbuhan bobot badan.

Tips Menggemukkan Sapi dalam 3 Bulan

Beberapa peternak lainnya menggunakan teknik lain yaitu dengan mencari hewan yang kurus namun sudah berumur. Terkadang yang menjadi masalah adalah cacingan atau nafsu makan berkurang sehingga dengan pemberian obat cacing dan vitamin nafsu makan bisa meningkat. Penambahan lainnya adalah pemberian hijauan yang berkualitas untuk mendapatkan produktivitas yang diinginkan. Terlepas dari kedua teknik tersebut, Anda dapat menentukannya berdasarkan keinginan Anda.

Baca juga: 5 Tips Efektif Menggemukkan Sapi dalam 3 Bulan

Aplikasi Online (Pak Tani Digital)

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia yang mengglobal saat ini menuntut pekerjaan yang cepat selesai dan terukur. Anda bisa mengatasi masalah dengan satu sentuhan, hanya dengan kuota internet.

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai aplikasi online telah muncul yang digunakan untuk memfasilitasi pekerjaan manusia. Tak jauh dari itu, terdapat aplikasi yang mempertemukan petani dengan konsumen secara langsung, tanpa melalui perantara / agen. Aplikasi ini adalah Petani Digital yang bergerak di bidang pertanian, peternakan dan perikanan yang dapat membantu anda dalam berjualan ternak.

Nah buat kamu para peternak sapi yang ingin menjual ternak dan bibitnya bisa mendownload aplikasi Pak Tani Digital di Google Play Store atau melalui bit.ly/paktaniapp. Menariknya, Anda bisa memanfaatkannya secara gratis untuk mempromosikan ternak Anda.


Itulah 6 target pasar peternak sapi yang perlu diketahui. Bagaimana dengan teman PTD? Siapa di antara Anda yang memiliki atau berencana memelihara ternak? Jangan lupa komen di bawah ya.

Klik & Baca: 7 Peluang Usaha Peternakan Yang Wajib Anda Ketahui

Penulis: Suryadi Pappa

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber : paktanidigital.com/