Ingin Ternak Koloni Lovebird? Ikuti 5 Tips Ini

Bagi anda yang tertarik dengan koloni burung lovebird, artikel ini bisa dijadikan panduan. PTD akan membagikan tips apa saja yang perlu dilakukan.

Apakah Anda salah satu pecinta burung lovebird? Warna bulunya yang cantik dengan kilauan warna-warni serta kicauannya yang unik dan merdu terkadang membuat kita jatuh cinta padanya.

Namun jangan salah, hobi sebagai pencinta burung lovebird juga bisa dijadikan ladang penghasilan. Jumlah permintaan pasar yang besar tidak sebanding dengan terbatasnya pasokan, terlebih lagi harga tambah burung lovebird bombastis.

Tips Ternak Koloni Lovebird

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan kesempatan ini, tidak ada salahnya untuk mulai membiakkan burung lovebird. Pada artikel kali ini, kami akan membahas 5 tips yang bisa Anda lakukan dalam membiakkan burung lovebird dalam satu koloni, sebagai berikut:

Baca juga: Sapi Lovebird dengan Metode Ampuh Ini Bertelur dengan Cepat

Persiapan Kandang / Tempat

Kandang merupakan sarana penting bagi burung lovebird untuk berkembang biak dan menghasilkan keturunan.

Kandang juga menjadi tempat burung terhindar dari penyakit, serta kandang yang nyaman akan membuat burung kurang stres dan pemilik tidak repot untuk selalu memikirkannya.

Pemilihan kandang yang tepat sangat diperlukan demi keberlangsungan ternak lovebird anda.

Kandang sendiri umumnya dapat dibagi menjadi kandang soliter atau kandang koloni. Namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tentang kandang koloni saja.

Pastikan sangkar yang digunakan adalah sangkar dengan bahan kawat pada ram yang bisa anda beli di pasaran atau buat sendiri.

Pada budidaya koloni lovebird, ukuran kandang dibuat sesuai dengan populasi burung lovebird, untuk mencegah terjadinya perkelahian antar burung atau stress.

Ukuran kandang lovebird bisa dibuat menggunakan ukuran xlxt dengan ukuran 2m x 1,5mx 2m atau sebanyak 4 pasang untuk setiap 1 m persegi.

Besar kecilnya kandang tidak bisa dijadikan acuan tapi bisa dijadikan pertimbangan, selalu perhatikan jumlah burung yang dipelihara.

kandang koloni
pinterest.com

Memilih Induk Lovebird

Induk yang berkualitas tentunya akan menghasilkan jenis anakan yang berkualitas pula.

Bibit lovebird yang baik adalah yang memiliki warna indah, kicauan merdu, gerak fisik yang baik, dan lincah. Selanjutnya, pilih masing-masing burung lovebird jantan dan betina.

Pilih burung lovebird jantan yang berumur <1 tahun, sedangkan betina berumur sekitar 10 bulan. Pastikan lovebird yang Anda pilih dalam keadaan sehat dan tidak cacat.

Burung lovebird jantan biasanya memiliki tulang sumpit yang rapat dan sering menggosok tangkringan, sedangkan burung lovebird betina memiliki sayap seperti pesawat dan sumpitnya renggang.

Pembuatan Sarang dan Glodok

Sarang yang digunakan pada ternak lovebird bisa dibuat sendiri atau dibeli di pasaran. Anda bisa menggunakan dahan pohon lalu mengeringkannya dengan tambahan jerami kering.

Umumnya indukan mengetahui jenis sarang yang disukai sehingga mereka akan menghaluskannya dan membawanya ke sarang.

Selanjutnya glodok atau kandang bertelur lovebird dipasang pada ketinggian 30 cm dari batas atas atas, jarak 10-15 cm dari masing-masing glodok dengan cara menempelkan di dinding. 20 pasang glodok dipasang di kandang koloni agar para sejoli leluasa memilih tempat yang dirasa nyaman.

glodok
jalaksuren.net

Baca Juga: Mengetahui 5 Langkah Ternak Burung Beo Merah untuk Dikawinkan

Pemeliharaan (Memberi Makan dan Minum)

Pemeliharaan burung lovebird dianjurkan menggunakan bahan biji-bijian yang berkualitas dan berkualitas untuk meningkatkan pertumbuhan burung lovebird.

Lakukan pemberian makan setiap hari, bersihkan kandang dan lakukan sun bath setiap hari. Dibasuh kekasih pada pagi hari dan dijemur pada jam 8-10 pagi untuk memperlancar nafsu para sejoli.

Pemberian pakan burung lovebird bervariasi yaitu 3-5 kali sehari. Untuk menghindari pakan yang terbuang percuma, berikan sedikit demi sedikit.

Anda juga bisa memanfaatkan makanan lain seperti jangkrik, belalang dan kroto. Selain itu, berikan minum yang bersih dan sehat agar terhindar dari cacingan dan penyakit.

Penangkaran Burung Lovebird

Proses kawin burung lovebird terbilang mudah. Hal terpenting yang harus diketahui adalah jenis kelamin burung lovebird.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat memastikannya dengan dua cara, yaitu: Pertama, menunggu sampai Anda melihat nafsu sementara, Kedua, menggunakan tes DNA SEKS.

Cara pertama membutuhkan biaya rendah tetapi waktu tunggu lebih lama, sedangkan cara kedua membutuhkan biaya yang tidak sedikit tetapi waktu tunggu yang singkat.

Sebelum kawin, ada baiknya jika pendahuluan dilakukan terlebih dahulu lalu disatukan dalam satu kandang. Setelah dirasa cocok dan tidak berkelahi, barulah kita bisa masuk ke glodok atau sarang untuk bertelur di kandang.

Jika lovebird sudah kawin, ada baiknya jika lovebird dimandikan dan dijemur agar cepat birahinya.

Pada umur 1-2 minggu kawin, umumnya burung lovebird sudah menghasilkan telur dan akan menetas dalam waktu 21-23 hari.

Proses kawin dilakukan secara alami dan biarkan indukan dalam satu kandang kurang lebih 1-2 minggu.


Demikian tips burung lovebird koloni. Bagaimana sobat PTD, tertarik melakukannya? Semoga berhasil.

Jangan lupa untuk BERBAGI artikel ini ke teman-teman Anda!

Baca juga: Panduan Kandang Ulat untuk Pakan Burung

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber:

  • Anonim. Cara Budidaya Koloni Lovebird – Perawatan dan Anak Ayam. Diakses dari: http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-burung-lovebird-koloni.
  • Anonim. Ternak Koloni Lovebird. Diakses dari: https://www.romadecade.org/ternak-lovebird-koloni/.
  • Masagung. 2017. Cara Ternak Koloni Lovebird. Diakses dari: http://lovebirdjuarakicau.blogspot.com/2017/05/cara-ternak-lovebird-secara-koloni.html.
  • Pratama, Wisnu. 2018. Youth Come Close, Ini Trik Termudah Ternak Lovebird dan Dijamin Sukses . Diakses dari: https://budidayaternak.id/cara-ternak-lovebird-koloni/.
  • Shaddiq, Daffa. 2014. Ternak Lovebird Koloni ?? 5 Hal Yang Harus Anda Ketahui. Diakses dari: http://labeltechno.blogspot.com/2018/01/ternak-lovebird-koloni.html.
  • Zen, Hobi. 2019. Sukses Peternakan Soliter LB Kandang. Diakses dari: https://zenhobbies.net/blog/lovebird-bandung/s Sukses-ternak-lovebird-kandang-soliter.html.

Sumber gambar utama: shopee.co.id

Sumber : paktanidigital.com/