Berikut Cara Mudah Membuat Pakan Alternatif Kambing Di Musim Kemarau

Kekeringan yang melanda sejumlah wilayah negara membuat risiko yang dialami semua pelaku pertanian semakin besar. Tak pelak, ada pula peternak yang lahannya mulai mengering karena tidak ada hujan untuk memberi makan ternaknya. Kesulitan dengan tanaman hijau semakin besar. Alhasil, kelangkaan pakan menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Sehingga berbagai langkah harus dilakukan untuk mengantisipasinya. Sehingga tentunya peternak bisa mengakalinya dengan membuat pakan alternatif kambing di musim kemarau ini. Bagaimana caranya?

1. Menggunakan Bran

Salah satu pakan alternatif kambing adalah dedak. Anda bisa menggunakan dedak ini sebagai pengganti rumput. Tidak hanya itu, dedak juga dimanfaatkan oleh pemilik kolam lele untuk dicampur dengan pakan lainnya.

Baca juga: Berikut 10 alasan beternak ayam kampung

Anda bisa membuat pakan ini hanya dengan mencampurkan dedak dengan air sehingga terlihat seperti bubur. Anda bisa menggunakan air dingin atau air hangat untuk mencampurnya. Sebagai informasi, dedak dipilih sebagai bahan pakan alternatif karena harganya yang sangat terjangkau.

Dedak sebagai pakan alternatif kambing
Foto: Dedak sebagai pakan alternatif kambing (berdasarkan Area Harga)

2. Pakan pekat

Apakah Anda pernah menggunakan pakan konsentrat? Pakan kambing alternatif ini bisa dibuat dengan bahan yang cukup mudah. Konsentrat merupakan pakan pendorong yang terdiri dari bahan yang kaya akan karbohidrat dan protein. Sarananya adalah dedak padi, jagung kuning dan kuenya.

Untuk cara membuatnya harus menggunakan komposisi berikut ini. Dedak halus sama dengan 75%, jagung kuning giling 6%, makanan dari kacang kedelai 3%, kue kelapa 10% dan sisanya merupakan campuran tambahan kalsium dan garam meja 6%.

Baca juga: Beternak Trigona Lebah, Peluang Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Setelah itu harus diaduk rata, dan diberikan langsung ke ternak. Sehingga konsentrat ini aman untuk persediaan pakan pada musim kemarau. Dengan pemberian pakan konsentrat ini diharapkan setidaknya bobot ternak dapat meningkat secara signifikan.

3. Pakan Rumput Kering

Kehabisan rumput segar? Jangan khawatir, rumput kering juga bisa dijadikan alternatif pakan ternak.

Pada musim hujan banyak tanaman tumbuh segar dan hijau. Ini bisa dimanfaatkan oleh peternak untuk menyimpan atau mengeringkan rumput untuk persediaan pakan ternak selama musim kemarau.

Rerumputan kering untuk pakan alternatif kambing
Ilustrasi: Rerumputan kering sebagai pakan alternatif kambing

4. Jerami Kering

Pada umumnya petani pada saat panen padi menggunakan jerami sebagai pakan ternaknya karena jumlah jerami pada saat panen padi sangat banyak. Petani juga banyak mengeringkan dan menyimpan jerami di lumbung sebagai persediaan pakan selama musim kemarau.

Baca Juga: Fitobiotik, Pengganti Antibiotik pada Peternakan Ramah Lingkungan

Nah itulah cara membuat pakan kambing alternatif yang mudah di musim kemarau. Ayolah. Bagikan artikel pertanian ini dengan teman dan teman PTD Anda.
.

.

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber : paktanidigital.com/