Ayam Serama, Ayam Yang Banyak Disukai Orang Indonesia

Ayam Serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia dan mulai dilirik sebagai ayam pencinta ayam di Indonesia. Meskipun ayam kate terkenal memiliki bentuk tubuh yang kecil, Anda akan terkejut melihat ukuran porsi tubuh ayam serama yang jauh lebih kecil.

Ayam ini semakin terkenal di dunia dengan ukurannya yang super mini dan merupakan jenis ayam terkecil di dunia. Ayam Serama merupakan ayam hasil persilangan dari berbagai jenis ayam percobaan. Mulai tahun 1973, terjadi persilangan antara Kapan Chicken dan Silkie tetapi hasilnya belum seperti yang diharapkan karena kakinya yang lebih panjang.

ayam serama

Sumber: www.hewan.id

Percobaan lain dilakukan pada tahun 1980 antara Kapan Chicken dan Kate Chickens dari Jepang, namun hasilnya tidak sesuai harapan, karena persilangan tersebut menghasilkan Kate Chicken berkaki panjang.

BACA JUGA: Analisis Bisnis Peternakan Ayam Joper untuk Pemula

Baru pada tahun 1988 percobaan lanjutan antara hasil persilangan (ayam lokal melayu) dengan jenis ayam pilihan dari Jepang menghasilkan satu jenis ayam baru yang ditemukan oleh dokter hewan Wee Yean Een dari Kelantan. Lebih lanjut, ia juga memberi nama Ayam Serama dengan mengacu pada salah satu tokoh dalam wayang kulit melayu.

FITUR AYAM SERAMA

Selain pendek, ciri-ciri lain dari Ayam Serama yang perlu Anda ketahui adalah: ukuran tubuhnya hanya sebesar tangan orang dewasa, beratnya sekitar 300 gram / ekor, suka pamer dan membusungkan dadanya, dan bentuknya yang panjang. sayap selalu bisa menyentuh tanah.

Saat berjalan, ayam ini akan membusungkan dadanya segera mengangkat dadanya dan berjalan dengan meluruskan ekornya lurus sampai 900 kemudian ia akan mengibaskan sayapnya hingga menyentuh tanah.

ayam serama gagah

Sumber: Factualnews.co

Ayam Serama pertama kali dipopulerkan di dunia internasional pada tahun 1990 dan akhirnya pada tahun 2000 ayam jenis ini mengalami puncak keemasannya. Namun seiring berjalannya waktu, pada tahun 2004 popularitasnya menyusut akibat maraknya virus flu burung.

Kini popularitasnya mulai bangkit kembali dengan semakin banyaknya penggemar dan peminat yang mulai berkembang bahkan ada yang mulai menawarkan Ayam Serawa jenis ini melalui situs online.

BACA JUGA: 4 Tips Joper Ayam, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Harga ayam serama melambung tinggi karena ukurannya yang lebih kecil dan proporsional. Harganya dipatok mulai dari Rp. 4 juta sampai dengan Rp. 5,5 juta per ekor. Beberapa jenis Ayam Serama bahkan bisa menyentuh angka Rp. 20 juta sampai dengan Rp. 30 juta jika terlihat menarik dan bagus. Apalagi bulunya yang anggun mampu menembus angka Rp50 juta.

JENIS AYAM SERAMA

Ayam serama memiliki proporsi tubuh yang lebih kecil dan lebih kecil dibandingkan dengan jenis ayam lain seperti Kate’s Chicken. Bentuk tubuh Ayam Serama adalah:

  1. Tipe rampingJenis ini sesuai dengan namanya memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping, dengan bentuk tubuh yang dapat berdiri tegak. Umumnya bobot badan jenis ini memiliki bobot badan 300 gram yang setara dengan merpati lokal.
  2. Jenis apelAyam jenis ini bentuknya lebih berbentuk bulat dengan sayap yang menjuntai. Kelebihan lainnya adalah dada yang lebar mengembang ke bawah dengan kepala sedikit ditarik ke belakang sehingga mendekati ekor.
  3. Tipe idealAyam jenis ini merupakan hasil pemurnian dari dua bentuk sebelumnya, yaitu jenis langsing dan jenis apel. Ayam-ayam ini lebih cenderung membusungkan payudaranya ke atas dengan kaki yang lebih ramping dan sayap yang lebih terkulai ke bawah. Wajar saja, ayam-ayam ini kerap mendapatkan juara di ajang kontes.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Apakah Anda sudah mengetahui jenis-jenis ayam kampung?

REFERENSI

Anonim. 2014. Ayam Serama, Gaya Semakin Populer. Diakses dari: http://haipb.ipb.ac.id/opini/ayam-serama-si-gaya-yang-makin-popular

Anonim. 2019. Mengenal Ayam Serama. Diakses dari: https://sinauternak.com/mengenal-ayam-serama/

Sumber : paktanidigital.com/