6 Cara Mudah Memilih Telur yang Baik

Apakah Anda sering berbelanja telur di pasar atau tempat lain? Apakah Anda sudah tahu cara mudah memilih telur yang baik? Pak Tani Digital akan mengulasnya di artikel pertanian ini.

Telur merupakan sumber protein hewani yang tinggi selain daging. Rasanya yang enak, murah, dan bergizi menjadikan telur sebagai bahan makanan yang ideal untuk dikonsumsi masyarakat.

Penggunaan telur terkadang divariasikan dengan menjadikannya bahan olahan utama seperti telur mata sapi, telur dadar, atau olahan lainnya serta menjadikannya sebagai bahan tambahan pada beberapa jenis makanan lain seperti mie, soto, dan lain-lain.

Tak hanya itu, telur terkadang juga digunakan sebagai penambah adonan kue, mengingat fungsi telur yang tinggi protein dan lebih mudah untuk digabungkan dalam adonan.

Selain itu, pertanyaan yang sering dikeluhkan oleh para ibu dan mungkin anda yang sering menggunakan telur adalah bagaimana cara memilih telur yang baik? Berikut ini akan diuraikan cara mudah yang bisa Anda terapkan saat Anda berada di pasar saat membeli telur.

Bentuk Normal Telur

Bentuk telurnya adalah hal pertama yang akan Anda jumpai saat membeli telur di pasar, baik itu telur ayam kampung, telur bebek, telur ayam petelur, telur puyuh, dan telur lainnya yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Pilih telur yang memiliki bentuk lonjong dengan ukuran normal seperti telur biasa yang Anda beli. Jangan membeli telur yang sudah terlihat aneh, tidak seperti telur pada umumnya seperti telur ikan yang walaupun termasuk dalam kategori telur, bentuknya sangat berbeda dengan telur ayam atau telur ular.

Telur yang baik adalah telur yang ukurannya relatif normal, tidak terlalu besar tapi tidak terlalu kecil.

Baca juga: Cara Membuat Mesin Penetas Telur Ayam Sederhana

Warna Kulit Telur

Selanjutnya, yang mungkin Anda amati adalah warna telur dan kulit telur yang akan Anda beli. Perhatikan telur apa yang akan Anda beli kemudian pilih berdasarkan kebiasaan Anda dalam membeli telur.

Misalnya telur ayam kampung yang lebih khas dengan warna putihnya, telur itik yang condong dengan warna hijau kebiruan muda, telur ayam petelur yang berwarna merah bata, dan telur puyuh yang berwarna putih dengan tambahan corak manis yang membuatnya terlihat lebih menarik.

Pilih Telur dengan Bentuk Utuh

Jangan sampai Anda salah memilih telur dengan memperhatikan bentuk telur yang akan Anda beli. Beberapa telur yang berwarna cerah menandakan bahwa telur yang akan Anda beli masih tergolong baru. Jika warnanya kusam, maka Anda pasti mengira telur itu mungkin sudah lama dijual.

Utuh dan Tidak Retak

Setelah memperhatikan bentuk dan warna telur maka maka perlu dilakukan pemilihan telur, sebaiknya perhatikan setiap detail telur tersebut.

Beberapa bagian telur terkadang ditemukan tidak lengkap dengan retakan kecil. Umumnya penjual menjual dengan harga diskon besar, namun tidak disarankan membeli telur pecah atau pecah karena sangat memudahkan mikroorganisme untuk masuk ke dalamnya.

Baca juga: 4 Langkah Sukses Mengembangbiakkan Ayam Kampung

Tidak berbau

Ambil telur yang akan Anda beli kemudian gunakan indra penciuman Anda untuk menilai apakah telur tersebut masih layak untuk dibeli atau tidak.

Telur yang sudah lama dan tidak laku di pasaran akan menimbulkan aroma yang tidak sedap untuk dikonsumsi kembali. Faktanya, telur akan berbau tidak sedap saat sudah busuk.

Segera tinggalkan dan jauhi membeli telur tersebut karena akan berdampak pada kesehatan untuk membelinya. Jangan terpengaruh oleh harga yang lebih rendah.

Permukaan halus

Bersamaan dengan mencium telur yang sudah Anda pegang, jika baunya tidak sedap, Anda bisa merasakan setiap permukaan telur yang akan Anda beli.

Pada telur baru permukaannya akan lebih halus, berbanding terbalik dengan bagian telur yang sudah lama dijual, permukaannya terasa lebih kasar. Kemungkinan gesekan selama proses penjualan membuat permukaan telur yang lebih tua menjadi lebih kasar.

Bersihkan Cangkang Telur

Kulit telur

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan saat memilih telur yang bagus adalah memastikan cangkang pada telur yang akan Anda beli terlihat bersih.

Kedengarannya sulit untuk melakukan ini. Ketika Anda melihat pasar, hampir semua telur memiliki produk sampingan dari feses dan beberapa bakteri suka mengendap di kulit telur. Jadi, jika Anda menggunakan telur dan tanpa sengaja isi telur dan cangkangnya terpapar, maka telur tersebut akan terkontaminasi bakteri.

Namun, Anda bisa mengakalinya dengan membersihkannya segera setelah membeli telur yang tampak kotor ini.

Baca juga: 4 Manfaat Kulit Telur untuk Tanaman


Itulah 6 cara memilih telur enak yang perlu Anda lakukan saat membelinya di pasar atau tempat lain.

Penulis: Suryadi Pappa

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber : paktanidigital.com/