5 Langkah Menanam Pohon Turi untuk Pakan Ternak

Bagi anda yang tertarik menanam pohon turi sebagai pakan ternak. Yuk, jadikan artikel ini sebagai panduan, PTD akan membagikan 5 langkah membuatnya.

Pohon turi merupakan tumbuhan dengan umur yang pendek dengan tinggi mencapai 10 – 12 m. Pohon ini mempunyai fungsi yang bermacam-macam mulai dari batang, daun, bunga dan akar.

Sebagian masyarakat sekitar juga memanfaatkan daun pohon turi sebagai pakan ternak karena memiliki kandungan gizinya yang tinggi.

Keunggulan daun pohon turi sebagai pakan ternak adalah kandungan proteinnya sekitar 36%, namun berupa tepung terigu dengan kadar protein 27% dan serat kasar 14% yang diyakini lebih baik dari pohon calandra, lamtoro dan gamal.

5 Langkah Menanam Pohon Turi

Tak heran banyak yang mulai memberdayakan pohon ini sebagai pemasok pakan ternak. Bagi Anda yang tertarik untuk mulai menanam pohon turi, simak artikel berikut ini:

Baca Juga: 5 Tips Budidaya Indigofera untuk Digunakan Sebagai Pakan Ternak

Persiapan Lahan

Budidaya pohon turi mungkin membutuhkan lahan yang cukup luas, apalagi jika tujuan Anda adalah memanfaatkannya sebagai pakan ternak.

Namun untuk pemeliharaan ternak hanya sedikit, anda bisa menanamnya di pekarangan, kebun dan persawahan anda. Pohon ini ditanam dengan baik di dataran rendah dan tidak baik pada ketinggian 1.500 mdpl.

Penyiapan lahan untuk penanaman pohon turi dilakukan dengan cara membuat lubang pada areal tanam pohon turi. Buat lubang berukuran 1 × 1 m dengan kedalaman 50 cm.

Kemudian masukkan pupuk kandang dan sekam dan biarkan selama 2-3 minggu sebelum ditanam pohon turi agar semua unsur hara terserap dengan sempurna.

lahan tanam pohon turi
www.youtube.com

Bibit Pohon Turi

Bibit pohon turi bisa didapatkan langsung dari pohon turi. Anda dapat mengaplikasikan benih dengan cara memotong batang dan dengan menanam menggunakan benih yang diperoleh dari pohon turi yang telah dikeringkan.

Untuk skala lahan yang lebih luas, sebaiknya Anda menggunakan benih sebagai bahan dasar pembibitan. Benih yang diperoleh kemudian diseleksi, gunakan benih terbaik dengan cara merendamnya terlebih dahulu.

Benih yang baik kemudian disemai di polibag yang tersedia. Gunakan persemaian dengan komposisi kompos, tanah dan pasir. Bibit akan dipindahkan ke lahan setelah bibit mencapai ketinggian 30-40 cm.

Proses penanaman pohon turi dilakukan dengan cara menanamnya tegak lurus dengan lubang yang telah dibuat sebelumnya. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari dengan memperhatikan kelembaban tanah.

Baca Juga: Menggunakan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Perawatan Pohon Turi

Merawat pohon turi tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga ekstra, namun tetap harus memperhatikan aspek penting dalam usaha bertani.

Pada kondisi ekstrim misalnya, Anda mungkin lebih sering menyiram agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

Pada bulan pertama, pemupukan pohon turi menggunakan kompos atau pupuk kandang kemudian lakukan sebulan sekali.

Lakukan pembersihan gulma agar pohon turi bisa lebih subur, bisa dilakukan 3 bulan sekali. Pada tahap terakhir, Anda perlu melakukan pemangkasan terkait hama yang menyerang pohon turi.

Selain itu pemangkasan bertujuan agar pohon tumbuh lebih besar dan memiliki batang yang menghasilkan daun pohon turi yang lebih tebal.

Turi
faunadanflora.com

Panen Pohon Turi

Proses pemanenan pohon turi sebagai pakan ternak lebih sering digunakan untuk daunnya. Anda hanya perlu mengambil batang pohon turi lengkap dengan daunnya yang rimbun dengan cara dipetik langsung.

Pemanfaatan Pohon Turi Sebagai Pakan Ternak

Pemanfaatan pohon turi sebagai pakan ternak telah lama dilakukan terutama untuk mendapatkan hijauan yang kaya nutrisi dan tinggi protein.

Biasanya kambing paling dominan mendapat pakan daun pohon turi, namun domba dan sapi juga cukup sering. Proses pemberian pakan daun pohon turi dilakukan dalam bentuk segar atau dalam bentuk tepung.

Daun pohon turi dapat dikeringkan dengan tujuan untuk mengurangi kandungan zat anti gizi di dalamnya (saponin) selain memperpanjang umur simpan dan lebih mudah dibentuk menjadi tepung daun pohon turi.


Itulah 5 langkah menanam pohon turi sebagai pakan ternak. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk BERBAGI artikel ini ke teman-teman Anda!

Baca juga: Panduan Kandang Ulat untuk Pakan Burung

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini.

Sumber:

  • Orang dgn nama yg tdk dikenal. 2019. Cara Budidaya Pohon Turi untuk Pakan Ternak. Diakses dari: https://www.pertanianku.com/cara-budidaya-pohon-turi-untuk-pakan-ternak/
  • Orang dgn nama yg tdk dikenal. 2015. Pohon Turi Sebagai Pakan Ternak. Diakses dari: https://www.petestockkita.com/pohon-turi-sebagai-pakan-ternak/
  • Jasa Tanaman Pangan dan Hortikultura. 2019. Cara Budidaya Pohon Turi untuk Pakan Ternak. Diakses dari: http://distan.jabarprov.go.id/distan/blog/detail/4572-cara-budidaya-pohon-turi-untuk-pakan-ternak

Sumber gambar utama: dairyfeed.ipb.ac.id

Sumber : paktanidigital.com/