4 BIDANG ILMU HEWAN YANG PERLU DIKETAHUI

Ingin mengetahui informasi tentang bidang ilmu peternakan? Disini Pak Tani Digital akan membagikan informasi tentang ini. Simak ulasannya!

Ilmu Hewan

Peternakan adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam mengembangkan dan memelihara ternak untuk pemanfaatan hasil ternak.

Hasil ternak umumnya berupa daging, telur, dan susu, namun disadari masih banyak produk yang dapat diperoleh dari peternakan seperti madu lebah dan benang ulat sutera.

Selain itu, budidaya perikanan termasuk ikan, udang dan kerang masih dalam ranah peternakan dan hasil akhirnya dikonsumsi oleh manusia.

Penambahan lainnya seperti peternakan serangga dan hewan eksotik yang sudah didomestikasi.

Disadari bahwa seorang peternak harus menambah ilmu dan pengetahuan terkait dengan dunia peternakan yang lebih luas. Berikut ini adalah 4 bidang ilmu hewan yang perlu Anda ketahui sebagai breeder.

Ilmu Produksi dan Pemuliaan Hewan

bidang ilmu hewan
acehprov.go.id

Baca juga: Kandang ayam broiler tipe cocok, terbuka atau tertutup

Ilmu tentang produksi dan pemuliaan ternak tidak hanya mencakup bidang pembibitan dan penggemukan ternak tetapi mencakup pengetahuan yang lebih luas untuk mendapatkan bibit ternak yang berkualitas.

Dengan masa perawatan yang singkat, hasil ternak yang berkualitas, dan penggunaan teknologi peternakan memudahkan pekerjaan para peternak.

Pemilihan benih jantan dan betina merupakan ilmu dasar untuk mendapatkan benih yang bermutu dan bermutu.

Misal selama ini waktu yang dibutuhkan untuk memelihara ayam adalah 6 bulan untuk bisa dipanen, namun dengan ilmu genetik breeding anda hanya bisa memelihara ayam tersebut selama 45 hari saja.

Penggunaan teknologi kawin suntik (inseminasi buatan) juga merupakan rangkaian ilmu produksi yang wajib diketahui peternak.

Pasalnya dengan memanfaatkan teknologi kawin injeksi Anda tidak perlu lagi memelihara pejantan yang membutuhkan perawatan dan biaya pakan yang mahal agar manfaatnya bisa maksimal.

Formulasi Pakan dan Ilmu Gizi

bidang ilmu hewan
agromedia.net

Pakan merupakan tantangan terbesar bagi usaha peternakan, hampir 70 – 80% biaya yang dikeluarkan oleh usaha peternakan digunakan untuk membiayai pakan ternak.

Ilmu formulasi dan nutrisi pakan berguna untuk memastikan bahwa bahan pakan dapat digunakan sebagai sumber bahan pakan yang bergizi bagi ternak.

Pengetahuan ini sangat penting bagi peternak untuk merumuskan sendiri pakan yang akan mereka berikan kepada ternaknya sehingga dapat menghemat biaya.

Ternak umumnya herbivora, namun karena pemeliharaan yang intensif perlu dipastikan kebutuhan energi dan proteinnya melalui pakan.

Kebutuhan energi lebih banyak diperoleh dari tanaman serelia seperti padi, jagung, gandum dan tambahan umbi-umbian seperti ubi kayu, ubi kayu dan ubi jalar.

Sedangkan kebutuhan protein diperoleh dari ikan, daging, susu, kacang-kacangan, dan lainnya.

Tantangan terberat dalam meracik pakan ternak adalah sumber bahan pakan yang bersaing dengan kebutuhan manusia sehingga diperlukan ilmu pengetahuan dalam merumuskannya.

Bahan pakan tersedia sesuai dengan jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak.

Ilmu Teknologi Peternakan

bidang ilmu hewan
padangkita.com

Baca juga: 21 Peluang Usaha Peternakan Yang Harus Anda Coba

Tidak dapat dipungkiri bahwa kelemahan seorang peternak selama ini adalah rendahnya pengelolaan produk ternak, terutama produk yang dihasilkan

Berupa daging, susu, telur, dan lain-lain yang daya simpannya tidak tahan lama, produk ternak tidak bisa diterima lagi di pasaran.

Seorang petani harus bisa mengolah sendiri ternaknya agar tidak rugi jika ternaknya berlebih.

Beberapa hasil olahan ternak yang sudah dikembangkan sejak lama adalah bakso, sosis, nugget, keju, susu steril, telur asin, dan lain-lain.

Teknologi lain yang dapat dilakukan adalah penyimpanan dalam bentuk beku dengan memanfaatkan cold storage untuk memastikan daging, susu dan telur tetap aman dikonsumsi karena bakteri tidak dapat tumbuh pada suhu tersebut.

Ilmu Sosial dan Ekonomi Peternakan

bidang ilmu hewan
paktanidigital.com

Berkaitan dengan hasil ternak yang telah diperoleh, peternak juga dituntut untuk menguasai bidang sosial dan ekonomi dalam melakukan perdagangan.

Hal ini masih menjadi masalah besar, karena pasar dikuasai sepenuhnya oleh tengkulak sehingga nilai jual ke konsumen akhir mahal sedangkan hasil penjualan yang diterima peternak murah.

Peternak harus paham dalam mengatur hal ini karena keuntungan terbesar dalam budidaya ternak berasal dari sektor perdagangan ternak berupa bibit, penggemukan, dan makanan olahan dari peternakan.

Petani dapat bergabung dalam koperasi atau kelompok tani-ternak untuk memfasilitasi proses penjualan.

Beberapa platform digital juga diketahui telah menyediakan tempat untuk bertemu langsung dengan peternak penjual dan pembeli, seperti platform paktanidgital.com yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.


Itulah informasi tentang bidang ilmu hewan yang harus diketahui. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat sobat PTD!

Baca juga: Dukung Program Gratieks Peternakan Hingga 10,9 Triliun

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Cukup klik sini

Sumber:

Anonim. 2019. 4 Manfaat Ilmu Biologi di Bidang Peternakan. Diakses dari:

  • https://sinauternak.com/benefits-ilmu-biology-di-petestock/

Sumber : paktanidigital.com/